Selasa, 03 Juni 2014

DIKUBUR ATAU DIKREMASI

ADA BEBERAPA ORANG KRISTEN MINTA DIBAKAR KALAU MATI. BERMACAM-MACAM ALASAN PRAKTIS DIKEMUKAKAN, ANTARA LAIN KARENA LEBIH MURAH, TIDAK MAKAN TEMPAT, TIDAK ADA KESUKARAN TENTANG PERAWATAN KUBURAN, DAN LAIN-LAIN.

A. BAGAIMANA PENDAPAT FIRMAN TUHAN?
Tuhan selalu mengatakan untuk dikuburkan, tidak pernah menyuruh membakar orang mati. Setiap kali kalau Yesus membicarakan tentang kematian anak-anakNya, Ia selalu mengatakan/memesankan untuk penguburan!

Tidak pernah Yesus berpesan untuk dibakar! TIDAK PERNAH! Selalu dikubur! Mengapa? Sebab Yesus menghendaki penguburan! Hal ini nyata sekali pada waktu Musa mati, atas perintah Yesus mayatnya dikuburkan.
(Ulangan 34:5,6).
Tidak ada di pikiran Tuhan untuk membakar anak-anakNya yang mati. Terbukti di dalam Alkitab tidak ada yang dibakar waktu meninggal. Pembakaran mayat hanya untuk orang yang tidak mengenal Tuhan. Untuk Anak-anak Tuhan selalu dikuburkan. (Kejadian 15:15).

Begitu pula tidak pernah seorang suci atau seorangpun dari pihak Tuhan yang minta dibakar waktu meninggal dunia. Semuanya dikuburkan.
B. Mengapa orang mati lebih baik dikubur?
1. Sebab kita mempunyai pengharapan untuk bangkit kembali waktu Yesus datang dan semua sisa-sisa tubuh yang mati, istimewa tulang-tulang dibangkitkan menjadi tubuh kebangkitan itu tubuh seperti kita sekarang, bukan sebagai roh saja, tetapi ada tubuhnya yang mempunyai daging dan tulang! (Lukas 24:39 KJI)
2. Ajaran alkitab jelas sekali mengatakan bahwa orang mati seharusnya dikubur (Agama-agama yang berasal dari Bapa Abraham juga tidak ada yang mau dibakar).
3. Ada resiko kalau orang mati dibakar.
          a. Resiko orang yang tidak taat. Alkitab mengajarkan untuk dikubur, sebab kalau tidak taat, pasti ada akibatnya.
          b. Kalau kita menanam biji salak, kita gergaji dahulu menjadi dua, kalau ditanam mungkin bisa tumbuh tetapi pasti ada cacatnya. Apalagi kalau kita remukkan sampai seperti pasir, pasti tidak tumbuh, kalau mungkin tumbuh pasti akan cacat parah, tidak karuan bentuk dan rupa kita. Jangan sampai salah langkah, karena ini untuk hidup kekal. Sama seperti hidup dalam kesucian jangan sampai cacat.

KESIMPULAN:
1. Mungkin ada orang yang mempunyai alasan-alasan yang masuk akal untuk dibakar, tetapi tidak ada seorangpun dari antara orang-orang dalam Alkitab yang memberi teladan demikian.
2. Tuhan tidak pernah menyuruh membakar mayat anak-anakNya yang mati, dan tidak pernah seorang benar dalam Alkitab minta atau mau dibakar waktu mati, lagi pula pembakaran mayat adalah tanda penghukuman yang dahsyat. Sebab orang-orang Kristen juga tidak mau dibakar waktu mati.

SIAPA YANG MINTA DIBAKAR SESUDAH MATI, apalagi ditumbuk sampai halus, harus menanggung resikonya sendiri untuk kekal, sebab tidak pernah Tuhan menyuruhkan /mengizinkan hal ini. Tetapi juga orang-orang yang menyuruh mengkremasikan mayat-mayat orang beriman akan menanggung akibatnya di hadapan pengadilan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar